JAMALUDDIN SIREGAR
NIM : 31105110
PAI-4 / SEM-VI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA sekolah :
MATA PELAJARAN : pendidikan
agama islam
KELAS / SEMESTER : Xii / ii
( dua belas / dua )
ALOKASI WAKTU : 1 x
15 menit
PERTEMUAN KE : 2 ( dua )
1. Standar
Kompetensi
1. Membiasakan prilaku terpuji.
2. Kompetansi
Dasar
1. Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan
kerukunan
3. Indikator
Siswa mampu
- Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan
- Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan
- Mampu menyebutkan contoh persatuan
- Mampu meyebutkan contoh kerukunan
4. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat
menyebutkan pengertian dan maksud persatuan
kerukunan
2. Siswa dapat
menyebutkan pengertian dan maksud kerukunan
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh persatuan dan kerukunan
5. Meteri Ajar
1. Pengertian dan
maksud persatuan
- Pengertian dan maksud kerukunan
- Contoh persatuan dan kerukunan
6. Model /
Strategi / MetodePembelajaran
1. Kooperatif /
Index card match / Ceramah dan diskusi
7. Langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Awal
a. Mengamati dan
mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
b. Mengawali
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
c. Penjelasan
singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa
- Kegiatan Inti
( Explorasi )
a. Menyampaikan
kepada siswa topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini.
b. Memberikan
kertas kepada masing-masing siswa tentang materi persatuan dan kerukunan dan
menyuruhnya untuk membaca materi tersebut.
c. Mempersilahkan siswa untuk bertanya apabila mendapatkan
materi yang dikertas yang kurang dipahami .
( Elaborasi )
d. Memberikan
potongan-potongan kertas sebanyak siswa yang ada dalam kelas.
e. Menjelaskan
kepada siswa bahwa ini adalah aktifitas yang dilakukan berpasangan atau
strategi Index card match . Separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuhnya
jawaban
f. Pada tiap-tiap separuh
kertas yang diberikan kepada siswa berbeda
terdiri dari pertanyaan dan jawaban.
g. Meminta siswa
untuk mencari dan menemukan kelompoknya, meminta siswa untuk tidak memberi tahu
materi apa yang didapatnya kepada teman yang lain.
h. Setelah siswa
mendapat pasangannya suruh mereka membaca dengan keras tentang soal materi yang
ada padanya dan meminta pasangannya
menjawab dari soal tersebut.
( Konfirmasi )
i. Mengakhiri
proses dengan memberikan penguatan tentang materi persatuan dan kerukunan.
j. Beri kesempatan
kepada beberapa orang siswa untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang dibahas bersama.
- Kegiatan Akhir
a. Tanya jawab
tentang materi persatuan dan kerukunan.
b. Memberikan post
tes untuk mengetahui hasil pembelajaran.
c. Memberikan
tugas mandiri untuk mendalami materi ajar.
- Media /Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.
Lembaran kertas yang berisi
peta konsep sesuai materi ajar
2.
Potongan-potongan kertas kecil
3.
Buku Ajar / Pendidikan Agama Islam diterbitkan Penerbit Swadayana
Murni Penyusun Ika setiyani, ismunajab ; Jakarta, 2006
- Penilaian
1. Kognitif ( Tes
Lisan / Tulis )
No
|
ITEM SOAL |
Bobot
|
Catatan |
01
|
Jelaskan
apa yang dimaksud persatuan !
|
3
|
|
02
|
Sebutkan dua contoh perilaku persatuan
!
|
4
|
|
03
|
Jelaskan apa yang dimaksud
kerukunan !
|
3
|
|
04
|
Sebutkan dua contoh kerukunan!
|
4
|
|
05
|
Jelaskan
perbedaan antara persatuan dan kerukunan
|
6
|
|
2.
Kunci Jawaban
No
|
ITEM JAWABAN |
Bobot
|
01
|
Persatuan,
yaitu upaya penghimpunan potensi yang ada untuk melaksanakan tugas demi
tercapainya tujuan bersama
|
3
|
02
|
Persatuan dalam beragama islam dan
persatuan dalam berbangsa Indonesia.
|
4
|
03
|
Berdampingan secara damai diantara
anggota masyarakat yang memiliki karakter yang berbeda
|
3
|
04
|
Kerukunan dalam berbeda agama dan
kerukunan dalam berbeda suku dan bangsa.
|
4
|
05
|
Secara
sederhananya persatuan itu beberapa orang yang besatu dan mempunyai tujauan
yang sama sedangkan kerukunan adalah orang-orang yang saling menghargai
karena berbedanya tujuan masing-masing.
|
6
|
3.
Kriteria penilaian
Skor akhir= ….. x 100 : 20
= …..
atau dengan cara sebagai berikuat :
Skor akhir x …..
Bandar Setia,
31 Maret 2012.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP.
|
Penyusun
Mahasiswa
bersangkutan
JAMALAUDDIN
SIREGAR
NIM. 31105110
|
Catatan : ...............................................................................................................................................
: ...............................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar