Penelitian Tindakan Kelas
Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada pembelajaran Fiqh Materi Makanan dan Minuman Yang Halal dan Haram DI Kelas VIII MTs Darul
ikhlas Madina semester 2
tahun ajaran 2012/2013.
Pendidikan Agama Islam
Diajukan Oleh:
JAMALUDDIN SIREGAR
31105110
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN
KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
MEDAN
2012/2013
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
Moedjiono dan Dimyanti (1994:4) berpendapat bahwa, “hasil belajar
adalah hasil dari interaksi tindak belajar murid dan tindak mengajar yang
dilakukan oleh guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi, sedang
tindak belajar merupakan puncak dari proses belajar dengan meningkatnya
kemampuan”. Selanjutnya hasil belajar menurut (Agung, 2005:75) adalah “hasil
yang diperoleh siswa setelah mengalami interaksi proses pembelajaran”.
Senada dengan pernyataan
Sudjana (Nurkancana & Sunartana, 1990:110), mendefinisikan evaluasi hasil
belajar adalah “suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai keberhasilan
belajar seorang setelah ia mengalami
proses belajar selama satu priode tertentu”. Pernyataan tersebut, menekankan
bahwa hasil belajar sebagai hasil dari proses pembelajaran.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu
peningkatan kemampuan siswa yang diperoleh melalui penyampaian informasi dan
pesan oleh guru setelah proses pembelajaran berlangsung, yang berupa angka atau
selama satu periode tertentu.
Menurut Tabrani Rusyan (1993:32), menyatakan bahwa “hasil belajar
yang dicapai siswa banyak ditentukan oleh faktor psikologis seperti kecerdasan,
motivasi, perhatian, penghindaran, cita-cita peserta didik, kebugaran fisik dan
mental serta ligkungan belajar yang menunjang”. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor adalah sebagai berikut.
1.1.Faktor dari luar, yaitu yang terdiri dari faktor lingkungan
(faktor alam dan faktor social) serta faktor instrumental (kurikulum, program,
sasaran, fasilitas dan guru).
1.2.Faktor dari dalam, terdiri dari faktor fisiologis (kondisi fisik
dan panca indra) dan faktor fsikologis (minat, bakat, kecerdasan, motivasi, dan
keterampilan).
Dengan
demikian untuk mendapatkan hasil belajar yang bagus seorang guru harus
menerapkan strategi belajar yang bisa mendorong siswa untuk besungguh-sungguh
dalam belajar agar bisa memperoleh nilai yang memuaskan bisa dengan
bermacam-macam strategi.
Namun yang terjadi pada
pembelajaran Fiqh yang selama ini dilakukan di kelas VIII MTs Darul
Ikhlas masih banyak
dipengaruhi oleh cara-cara tradisional. yaitu guru menyampaikan pelajaran.
siswa mendengarkan atau mencatat dengan sistem evaluasi yang mengutamakan
pengukuran kemampuan menjawab pertanyaan hafalan atau kemampuan verbal lainnya.
Padahal pembelajaran fiqh bukan
sekedar teori yang diterangkan kepada siswa tetapi juga meliputi praktek dan
pemahaman. untuk itu proses pembelajaran yang dilakukan harusnya lebih
mengarahkan pada proses keaktifan siswa agar mereka memahami apa yang sedang
dipelajari dan kelak akan dilaksanakan.
Menghadapi kenyataan tersebut
sebagai seorang guru wajib mencari solusi yang tepat untuk mengatasi
kesulitan-kesulitan tersebut yang pada prinsipnya bahan pelajaran dapat
disajikan secara menarik sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Salah satu yang dapat dilakukan
pada pembelajaran fiqh adalah menerapkan strategi index card match (mencari pasangan kartu). Strategi ini merupakan strategi yang sangat menyenangkan yang digunakan untuk mengulang
materi yang telah diberikan sebelum ataupun materi baru.[1][5]
Strategi Index card Match adalah strategi yang dikembangkan untuk menjadikan
siswa aktif mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasan diri sendiri dan
seorang siswa memiliki kreatifitas maupun mengusai ketrampilan yang
diperlihatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran
yang bernuansa inovatif tentu sangat
dibutuhkan dalam kondisi kelas yang sangat menyenangkan
atau ada kebebasan. sehingga siswa dapat
tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.[2][6]
Di
lembaga sekolah strategi itu sudah banyak dilakasanakan sehingga memacu anak untuk giat belajar dan
membawa hasil yang
baik. namun di samping
itu masih ada pula kekurangan siswa yang mengalami berbagai hambatan. Memperhatikan
permasalahan-permasalahan sebagaimana tersebut di atas. maka tema skripsi berjudul Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada pembelajaran Fiqh Materi Makanan dan Minuman Yang Halal dan Haram DI Kelas VIII MTs Darul
ikhlas Madina semester 2
tahun ajaran 2012/2013.
2. Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas timbul permasalahan lain yaitu
keaktifan belajar siswa yang kurang dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan fiqh,
hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri siswa dan faktor luar ,
pemanfaatan media yang kurang optimal, cara mengajar guru yang membosankan.
Penggunaan strategi pebelajaran Index Card Match
juga mempengaruhi keaktifan belajar siswa, siswa yang kurang begitu memahami akan materi
pelajaran akan lebih paham lagi apabila tidak malu bertanya dan berani menyampaikan
pendapatnya di depan kelas. Hal ini dipandang cukup penting untuk mengadakan
penelitian tindakan kelas menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match
untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran fiqh.
3. Pembatasan
Masalah
Pembatasan
masalah dibutuhkan agar penelitian yang dilakukan lebih efektif, efisien,
terarah dan dapat dipahami lebih mendalam. Dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat.
Sedangkan variabel bebasnya adalah penggunaan strategi pembelajaran Index
Card Match. Adapun yang menjadi bagian dari variabel tersebut adalah mata
pelajaran fiqh kelas VII Mts.s Darul Ikhlas
4. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka
dapat dirumuskan suatu permasalahan sebagai berikut:
4.1.bagaimana hasil belajar siswa pada materi makanan
dan minuman yang halal dan haram di
kelas viii mts darul
ikhlas madina semester 2 tahun ajaran 2012/2013 ?
4.2.bagaiman penerapan strategi index
card match pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas viii
mts darul ikhlas
madina semester 2 tahun ajaran 2012/2013
?
4.3.apakah penerapan strategi index
card match pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas viii
mts darul ikhlas
madina semester 2 tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa ?
5. Tujuan Penelitian
Sebuah tindakan pasti memiliki tujuan begitu pula dengan
penelitian ini. Tujuan
dalam penelitian ini adalah:
5.1.Tujuan Umum meliputi:
5.1.1.
Untuk mengetahui
peningkatan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran fiqh.
5.1.2.
Untuk melatih siswa
dalam bertanya dan mengemukakan pendapat.
5.1.3.
Untuk meningkatkan
pemahaman siswa akan materi pelajaran
5.1.4.
Untuk melatih siswa
agar berani menghadapi permasalahan dan menyelesaikannya.
5.2.Tujuan Khusus
Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam proses
pembelajaran fiqh menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match
pada siswa kelas VII Mts. Darul Ikhlas
Madina 2012/2013
6. Manfaat Penelitian
Sebagai penelitian tindakan Kelas (PTK), penelitian ini
memberikan manfaat pada pembelajaran fiqh.
6.1.Manfaat Teoritis
Secara teoritis penelitian ini bermanfaat dalam memberikan
sumbangan kepada pelajaran fiqh, dan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan
keaktifan siswa pada pembelajaran fiqh melalui strategi pembelajaran Index
Card Match.
6.2.Manfaat Praktis
·
Penulis memperoleh
pengalaman langsung dalam pembelajaran Fiqh menggunakan strategi Index Card
Match.
·
Dapat digunakan
sebagai bahan masukan bagi guru, khususnya guru fiqh sebagai salah satu
alternativ pembelajaran.
·
Memberikan pengalaman
langsung kepada siswa sebagai objek penelitian, sehingga diharapkan siswa
memperoleh pengalaman tentang kebebasan dalam belajar fiqh secara aktif, kreatif, dan menyenangkan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.Kajian Teori
2.2.2. Hasil belajar
Belajar adalah suatu aktifitas mental yang berlangsung
dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan
dalam pengetahuan. ketrampilan. dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat
relatif. konstan dan berbekas. Dalam kaitan ini maka antara proses belajar
dengan perubahan adalah dua gejala saling terkait yakni belajar sebagai proses
dan perubahan sebagai bukti dari hasil diproses.[3][7]
Kegiatan
belajar bertujuan untuk memperoleh informasi dan pemaknaan akan suatu hal atau memperoleh suatu keahlian.
Aktifitas belajar akan menjadi bermanfaat dan
berdaya guna bila siswa mampu menangkap
dan memahami apa yang ingin disampaikan dan diharapkan oleh pengajar.
Oleh karena itu dalam proses belajar
mengajar. pengajar (pembelajaran) harus memiliki strategi. metode dan teknik
agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. mengapa pada tujuan yang
diharapkan dan dicapai. Salah satu langkah penting yang
harus ditempuh oleh
pengajar adalah dengan menguasai strategi dan metode-metode pengajaran.
Sedangkan pembelajaran Mata
pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI
yang mempelajari tentang fikih ibadah. terutama menyangkut pengenalan dan
pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam
kehidupan sehari-hari. serta fikih muamalah yang menyangkut pengenalan dan
pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal
dan haram. khitan. kurban. serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam
meminjam. Secara substansial mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam
memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan
hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian.
keselarasan. dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT. dengan diri
manusia itu sendiri. sesama manusia. makhluk lainnya ataupun lingkungannya.[4][8]
a. Strategi pembelajaran Index Card Match (Mencari
Pasangan)
Index card Match
adalah strategi yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi
yang telah diajarkan sebelumnya. Namun demikian materi barupun tetap bisa
diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ini dengan catatan, siswa
diberi tugas untuk mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu,
sehingga ketika masuk kelas sudah memiliki bekal pengetahuan.
Strategi pembelajaran Index Card Match memiliki kelebihan dan
kekurangan. Kelebihan Index Card Match yaitu:
a) Siswa menerima
satu kartu soal atau jawaban, namun melalui presentasi antar pasangan.
b) Terjadi proses
diskusi dan presentasi sehingga menguatkan materi yang hendak dipelajari.
c) Siswa dapat mempelajari topik atau
konsep lainnya. Sedangkan Kekurangan Index
Card Match yaitu: a) Hanya terjadi satu babak saja sehingga sedikit
monoton, b) Tidak ada poin untuk pasangan yang lebih cepat bertemu.
”Langkah – langkah strategi pembelajaran index card match :
1) Guru membuat potongan – potongan kertas sejumlah siswa
yang ada di dalam kelas.
2) Bagi jumlah kertas tersebut kedalam dua bagian yang sama.
3) Tulis pertanyaan tentang materi yang tela diberikan pada
setengah bagian kertas yang telah di siapkan. Setiap kertas berisi satu
pertanyaan.
4) Pada separuh kertas yang lain, tulis jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat tadi.
5) Kocok semua kertas sehingga tercampur antara soal dengan
jawaban.
6) Beri setiap siswa satu kertas.
7) Minta siswa untuk mencari pasangan mereka. Jika ada yang
suda menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk atau berdiri berdekatan.
8) Setelah semua semua siswa berdekatan dan duduk sesuai
dengan pasangan, setiap pasangan secara bergantian membaca soal yang diperoleh
dengan keras kepada teman – teman yang lain. Selanjutnya soal tersebut dijawab
oleh pasangan –pasangan lain”.
(Hisyam Zaini dkk, 2007: 69-70)
1. Kajian Penelitian yang Relevan
Beberapa masalah yang
berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan kektifan siswa pada proses
pembelajaran fiqh antara lain: daya tangkap siswa,
cara mengajar guru, pemahaman materi fiqhi bagi siswa, suasana
kelas dan penerapan strategi pembelajaran.
2.2.Menurut hasil
penelitian Erma
Widya Gustina (2011)Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi
melalui strategi pembelajaran index card match
(mencari pasangan) pada siswa kelas viii b smp muhammadiyah 8 surakarta
tahun 2010/2011
2.3.Tujuan Penelitian
Untuk Mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
ekonomi menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa
kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010/2011.
3. Subjek Penelitian
siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010/2011
4. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian dikembangkan peneliti bersama mitra
guru ekonomi dengan menjaga validitas isi. Berdasarkan cara pelaksanaan dan
tujuan , peneliti menggunakan pedoman
catatan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa
catatan observasi yang berupa cek list,dimana tindakan untuk masing masing
catatan observasi tersebut adalah sebagai berikut:
a) Ketepatan
dalam mencari pasangan.
b) Siswa
yang bertanya baik kepada guru maupun kepada siswa lain
c) Diskusi
kelompok
d) Menjawab
pertanyaan dan memberikan pendapat
e) Mengerjakan
soal latihan di depan kelas.
f) Mengerjakan
soal diskusi di buku catatan.
5.
Analisis data
Penelitian ini menggunakan metode model Interaktif Langkah-langkah analisis data menurut Miles dan Huberman
sebagaimana dikutip oleh Patilima (2005:97-100), adalah sebagai berikut:
a)
Pengumpulan data, yaitu mengumpulkan data di lokasi
penelitian dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dengan
menentukan strategi pengumpulan data yang dipandang tepat dan untuk menentukan
fokus serta pendalaman data pada proses pengumpulan data berikutnya.
b)
Reduksi data, yaitu sebagai proses seleksi, pemfokusan,
pengabstrakan, trans-formasi data kasar yang ada di lapangan langsung, dan
diteruskan pada waktu pengumpulan data. Dalam penyajian data diperoleh berbagai
jenis, jaringan kerja, keterkaitan kegiatan atau tabel.
c)
Penarikan kesimpulan, yaitu dalam pengumpulan data,
peneliti harus mengerti dan tanggap terhadap sesuatu yang diteliti langsung di
lapangan dengan menyusun pola-pola pengarahan dan sebab-akibat.
6. Menurut hasil penelitian Ari Fajarwati (2009:82-83) membuktikan
pembelajaran matematika pada pokok bahasan
keliling dan luas bangun segi empat menggunakan strategi Index Card Match
yang membuktikan tingkat keaktifan dan minat siswa dalam proses
pembelajaran dan bertanya kepada guru dan kepada temannya, peningkatan dari 1 siswa (2,63%) menjadi 27siswa (71,05%).
7. Kerangka Pemikiran
Berdasarkan kajian teoritis sebagaimana
telah dipaparkan di atas, maka dalam penelitian ini dipandang perlu mengajukan
kerangka pemikiran sebagai berikut:
1)
Penggunaan
strategi pembelajaran Index Card Match akan
meningkatkan hasil belajar siswa pada waktu proses pembelajaran.
2)
Penggunaan
strategi pembelajaran Index Card Match
akan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif.
3) Adanya keterkaitan antara
penggunaan model pembelajaran Index Card
Match dengan peningkatkan hasil belajar siswa siswa pada saat proses
pembelajaran berlangsung.
Bila digambarkan maka akan tampak sebagaimana siklus berikut ini.
Gambar 1.
Kerangka Pemikiran
8.
Relevansi
Dengan demikian semakin pandai
dan bagusnya cara seorang guru dalam melakukan pembelajaran dan bervaariasi
menggunakan strategi dalam menyampaikan materi yang berbeda-beda maka hassi
belajar dari siswapun semakin bagus.
9. Hipotesis
Berdasarkan uraian
diatas dapat diajukan hipotesis dari penelitian ini adalah : ”Diduga melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match Dapat Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada pembelajaran Fiqh Materi Makanan dan Minuman
Yang Halal dan Haram DI Kelas VIII MTs Darul ikhlas Madina semester 2
tahun ajaran 2012/2013.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, suharsimi,
suhardjono, supardi. 2007. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi
Aksara
Dimyati
& Mudjiono . 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik,
Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hisyam
Zaini, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogjakarta:CTSD
Miles dan
Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep
Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.
Sudjana,
Nana. 1998. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru
Syaodih
Sukmadinata, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Fajarwati,
Ari. 2009. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Minat Siswa dalam Pembelajaran
Matematika melalui model Index Card
Match (Mencari Pasangan). Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta:
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[1][5] Hisyam
zaini, dkk. Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan
Madani, 2008). Hlm.67
[2][6] Ismail SM, Strategi
Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif
dan Menyenangkan), (Semarang: Rasail Media group, 2008), cet. 1, hlm 81.
[4][8]
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan
Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah, hlm. 67
Tidak ada komentar:
Posting Komentar