Kamis, 26 Mei 2011

USAHAKU AGAR MENJADI MAHASISWA TELADAN



           
            Perkenalkan nama saya Jamaluddin Siregar biasa dipanggil Jam.Saya dilahirkan disebuah desa di daerah Kabupaten Padang Lawas Utara dan menghabiskan pendidikan SD sederajat disana juga.Dan setelah lulus dari SD disana orang tua mengrim saya ke Pesantren Darul Ikhlas Kab Madina dan disana saya menghabiskan waktu selama enam tahun sampai tamat Tsanawiyah dan Aliyah.
            Setelah saya lulus disana pada tahun 2009 saya dihadapkan dengan suatu permaslahan yang sampai sekarang membekas di hati saya,dan sebab itulah saya akhirnya tidak jadi melanjutkan studi saya ditahun tersebut.Namun semua itu tak menyurutkan niat saya untuk melanjutkan studi saya.Selama setahun tersebut saya pergunakan untuk bekerja di kampung saya sekaligus untuk menabung supaya ada tambahan untuk melanjutkan studi saya ditahun 2010 .
            Setahun berlalu begitu singkat tepatnya dibulan Juli saya diberitahukan oleh kawan-kawan saya bahwa di IAIN Medan  telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011.Dan ketika itulah saya memohon izin terhadap orang tua untuk berangkat ke Medan.
            Sebenarnya dimedan saya tidak mempunyai keluarga melainkan hanya sahabat dekat dan sahabat itulah tempat saya menumpang selama proses pendaftaran di IAIN Medan.Dan ketika pengumuman di IAIN Meda alhamdulillah saya lulus di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah.
            Setelah lulus itu saya mulai aktif kuliah di IAIN Medan dan satu yang selalu saya janjikan didalam diri saya yaitu harus mempunyai pekerjaan sampingan di Medan ini biar mendapatkan keuangan yang memadai bagi saya untuk kuliah ini.
            Berlalu sebulan setelah lebaran saya mulai mencari pekerjaan tambahan,dan Alhumdulillah pada tanggal 12 Desember saya mendapatkan kabar bahwa sebuah mesjid di daerah Pondok surya membutuhkan Penjaga Mesjid,mendengar kabar tersebut saya langsung menuju daerah tersebut untuk menjumpai pengurus Mesjidnya.
            Dan setelah menjumpai mereka alhamdulillah saya diteriama di Mesdjid tersebut dan sejak dari itullah saya selalu berusaha untuk menjadi mahasiswa yang  pandai bergaul dengan masyarakat luas dan menjadi mahasiswa teladan dikampus saya.
            Dan sejak disitu pula saya mulai disiplin khususnya mengenai perkuliahan di kampus dan sholat lima waktu begitu juga.dan Alhumdulillah pas penerimaan KHS di smester satu saya sangat senang karena saya mendapatkan IP dengan bobot 3.82.Sebab itu pulalah motivasi saya dalam kuliah ini mulai meningkat didalam diri saya.Dan saya selalu berdo’a kepada sang khalik agar saya menjadi mahasiswa yang menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya.Dan untuk mencapai itu semua tidaklah mudah karena saya sadar saya hanya orang biasa yang bisanya hanya bercita-cita.
            Namun semua itu akan saya usahakan agar semua itu tidak menjadi cita-cita belaka saja.Saya akan berusaha dan berdo’a kepada Allah agar semua cita-cita saya bisa tercapai dikemudian hari .Amiiiin Ya Allah……


Oleh :

            Jamaluddin Siregar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar